Sep 22

Pembukaan Pelatihan Seni Kerajinan Tangan

Asisten II Bidang Perekonomian, Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat SEKDA Keerom Edy Buntan, M.Si mewakili Bupati Keerom membuka secara resmi Pelatihan Kerajinan Tangan Kabupaten Keerom Tahun 2019 di Kantor Dinas Pariwisata Komplek Kantor Otonom Kampung Yuwanain Arso II pada Senin, 16 September 2019.

Dalam sambutannya, Asisten II menyatakan bahwa pelatihan ini dikhususkan pada Pelatihan Seni Pembuatan Imitasi Burung Cenderawasih yang sebagian besar berbahan baku lokal. Pelatihan ini menyesuaikan dengan Surat Edaran Gubernur Papua Nomor 660.1/6501/SET tanggal 5 Juni 2017 tentang Larangan Penggunaan Burung Cenderawasih sebagai Aksesoris dan Cenderamata. Karenanya, selain sebagai tindak lanjut Edaran Gubernur tersebut, juga sebagai bentuk tanggungjawab kita bersama untuk menjaga kelangsungan hidup Burung Surga yang semakin berkurang populasinya.

Selain itu, sebagai pelatihan kepada masyarakat agar bisa berkreasi menghasilkan aksesoris dan imitasi Burung Cenderawasih yang serupa dengan burung aslinya yang dapat menjadi souvenir bagi pengunjung atau sebagai hiasan kepala dan akseszoris saat pentas tari dan seni budaya Papua.

Pelatihan yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata Provinsi Papua bekerjasama dengan Dinas Pariwisata Kabupaten Keerom diikuti oleh 30 peserta dari Kampung Yowong, Kampung Yammua Arso VI, Kampung Yatu Raharja Arso X, Kampung Ifiafia Arso XI, Kampung Arso Kota, Kampung Baburia, Kampung Sanggaria Arso I, Kampung Asyaman, dan Kampung Yuwanain Arso II dengan menghadirkan Instruktur (Tutor) dari Dinas Pariwisata Kabupaten Merauke.

Pelatihan ini akan dilaksanakan selama 4 hari (16-19 September 2019) lebih difokuskan dalam pembuatan "Mahkota dari Imitasi Burung Cenderawasih" sebagai upaya pelestarian habitat Burung Cenderawasih di Tanah Papua. Disamping itu, juga sebagai pembekalan bagi ekonomi kreatif masyarakat di Keerom dalam menyongsong dan mensukseskan PON XX Papua Tahun 2020.

Author: Ir_Keerom

Kabupaten Keerom ©2017 | All rights reserved.