Sep 22

Pembentukan Forum Anak Wiantre

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Kabupaten Keerom Juli Ratnaningrum Anderi, SE., MM didampingi Kepala Kampung Wiantre dan Bhabinkamtibmas Wiantre memimpin acara Pembentukan dan Pengukuhan Forum Anak Kampung Wiantre Arso V Distrik Skanto di Balai Kampung Wiantre pada Selasa, 17 September 2019.

Forum Anak Tingkat Kampung dibentuk oleh DPPPA Keerom sebagai bentuk kampanye Kabupaten Keerom Layak Anak 2030, yang dimulai dari Kampung Layak Anak. Dalam sambutannya, beliau mengatakan bahwa: Forum Anak adalah suatu wadah bagi anak untuk menampung dan menyampaikan aspirasi suara anak yang dikelola oleh anak-anak di bawah bimbingan atau binaan pemerintah, yang berperan memberi masukan dalam prosesx perencanaan, pemantauan atau pengawasan untuk pengambilan kebijakan dalam berpartisipasi untuk pemenuhan bagi hak-hak anak.

Hal ini sesuai dengan amanat UU Perlindungan Anak No.35 Tahun 2014, disebutkan anak adalah seseorang yang belum berusia 18 Tahun, dan anak adalah bagian yang tidak terpisahkan dari keberlangsungan hidup manusia dan keberlangsungan sebusah bangsa dan negara. Hal ini juga secara tegas tertuang dalam UUD 1945 Pasal 29B Ayat (2), bahwa negara menjamin setiap anak berhak atas kelangsungan hidup, tumbuh dan berkembang serta berhak atas perlindungan dari kekerasan, eksploitasi dan diskriminasi.

Sedangkan Kampung Ramah Anak adalah memberikan ruang partisipasi anak dalam pembangunan, menumbuhkan kepedulian, kesadaran dan peran aktif setiap individu, keluarga, masyarakat, dunia usaha dan pemerintah dalam menciptakan lingkungan yang berkualitas untuk mewujudkan peningkatan poemenuhan hak anak untuk hidup dan tumbuh kembang dan memberikan perlindungan serta memberikan informasi yang seluas-luasnya kepada anak-anak di daerah ini dalam menghadapi dinamika perubahan global saat ini.

Author: Ir_Keerom

Kabupaten Keerom ©2017 | All rights reserved.