Nov 05

Upacara Sumpah Pemuda Tahun 2019

Pada tanggal 28 Oktober 2019 pukul 09.25 s.d 12.00 WIT bertempat di Lapangan Sepak Bola Swakarsa, Jln. Kelapa, Kampung Asyaman, Distrik Arso, Kabupaten Keerom telah dilaksanakan Upacara Bendera Merah Putih dalam rangka Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-91 Tahun 2019 di Kabupaten Keerom dengan Tema "Bersatu Kita Maju".

Upacara tersebut dipimpin oleh Muh. Markum, SH, MH, MM (Bupati Keerom) selaku Pembina Upacara dan David Z. Aragay S.TP (Kepala Distrik Arso Timur) selaku Pemimpin Upacara serta diikuti sekitar 500 orang, turut hadir dalam kegiatan diantaranya Piter Gusbager, S.Hut, MUP (Wakil Bupati Keerom), Kolonel Kav Adang Sumpena (Staf Ahli Pangdam XVII/Cenderawasih Bidang Operasi Militer), Letkol Pnb R. W. Hendratoko (Staf Ka GPL Lanud Silas Papare Jayapura), Letkol Laut (KH) Djoko Iman Pambudi, S.Pd (Kadisminpers Lantamal X Jayapura), AKBP Muji Windi Harto, S.IK, MH (Kapolres Keerom), Mayor Inf Ary Sutrisno (Dansatgas Pamtas RI-PNG Yonif Raider 300/BJW), Albertho G. Wanimbo (Ketua DPD KNPI Provinsi Papua), Drs. Blasius Waluyo Sejati, MM (Sekda Kabupaten Keerom), Sucahyo Agung Dwi Aryanto, S.IP, M.Si (Asisten I Setda Kabupaten Keerom), Drs. Edy Y. Buntan M.Si (Asisten II Setda Kabupaten Keerom), Drs. Adrianus Samonsabra (Asisten III Setda Kabupaten Keerom), Drs. Minggu Bandua (Ka Kesbangpol Kabupaten Keerom), Para Pimpinan OPD Kabupaten Keerom dan Tokoh Masyarakat dan Para Peserta Upacara terdiri dari 1 Pleton Gabungan (Anggota Yonif 756/WMS dan Koramil 1701-04/Arso), 1 Pleton Anggota Polres Keerom, 1 Regu Anggota Satpol PP Kabupaten Keerom, 1 SSK ASN Pemda Kabupaten Keerom, Siswa-Siswi SD/SMP/SMA se-Kabupaten Keerom.
Ada keunikan tersendiri dari upacara tersebut, yaitu Para Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang mengikuti upacara terlihat menggunakan busana adat dari berbagai daerah. Sejumlah Pakaian adat ini dikenakan untuk mencerminkan keberagaman suku bangsa di Tanah Air. Adapun kronologis kegiatan sebagai berikut :
a. Pukul 09.25 WIT Upacara dimulai.
b. Pukul 09.27 WIT Muh. Markum, SH, MH, MM (Bupati Keerom) selaku Pembina Upacara memasuki Lapangan Upacara.
c. Pukul 09.28 WIT Penghormatan Umum kepada Pembina Upacara yang dipimpin oleh David Z. Aragay S.TP (Kepala Distrik Arso Timur) selaku Pemimpin Upacara.
d. Pukul 09.29 WIT laporan Pemimpin Upacara oleh David Z. Aragay S.TP (Kepala Distrik Arso Timur) kepada Pembina Upacara bahwa Upacara siap dimulai.
e. Pukul 09.30 WIT Pengibaran Bendera Merah Putih diiringi lagu Kebangsaan Indonesia Raya.
f. Pukul 09.45 WIT Mengheningkan Cipta yang dipimpin Muh. Markum, SH, MH, MM (Bupati Keerom) selaku Pembina Upacara.
g. Pukul 09.47 WIT pembacaan Teks Pancasila oleh Muh. Markum, SH, MH, MM (Bupati Keerom) selaku Pembina Upacara.
h. Pukul 09.49 WIT pembacaan Teks Undang-Undang Dasar Tahun 1945.
i. Pukul 09.53 WIT pembacaan Teks Keputusan Konggres Pemuda Indonesia Tahun 1928.
j. Pukul 09.55 WIT menyanyikan lagu Satu Nusa Satu Bangsa.
k. Pukul 10.00 WIT Amanat oleh Muh. Markum, SH, MH, MM (Bupati Keerom) selaku Pembina Upacara

Berikut adalah amanat Bupati:
Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT-Tuhan Yang Maha Kuasa yang telah memberikan limpahan rahmat dan karunia-Nya kepada kita semua sehingga kita masih diberikan kesehatan dan kesempatan untuk dapat memperingati hari yang sangat bersejarah bagi bangsa Indonesia yang kita cintai ini yaitu Hari Sumpah Pemuda ke-91 Tahun 2019. Kami sampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi tingginya kepada tokoh Pemuda Tahun 1928 yang telah mendeklarasikan Sumpah Pemuda sehingga menjadi pelopor Pemuda untuk mewujudkan kemerdekaan Indonesia sekaligus menjaga keutuhan NKRI.
Hari Sumpah Pemuda ke-91 kali ini mengambil tema "Bersatu Kita Maju" Tema ini diambil untuk menegaskan kembali komitmen yang telah dibangun oleh para Pemuda yang diikrarkan pada Tahun 1928 dalam Sumpah Pemuda bahwa hanya dengan persatuan kita dapat mewujudkan cita-cita bangsa.Pesatnya perkembangan teknologi informasi ibarat dua mata pisau, satu sisi memberikan jaminan kecepatan informasi sehingga memungkinkan para Pemuda kita untuk meningkatkan kapasitas pengetahuan dalam pengembangan sumber daya serta daya saing namun pada sisi yang lain perkembangan ini mempunyai dampak negatif, informasi-informasi yang bersifat destruktif mulai dari pornografi, narkoba, pergaulan bebas hingga radikalisme dari terorisme juga masuk dengan mudahnya apabila Pemuda tidak dapat membendung dengan filter ilmu pengetahuan dan karakter positif dalam berbangsa dan bernegara.
Pemuda yang memiliki karakter yang tangguh adalah Pemuda yang memiliki karakter moral dan karakter kinerja, Pemuda yang beriman dan bertaqwa, berintegritas tinggi, jujur, santun, bertanggung jawab, disiplin, kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas, dan tuntas. Pemuda juga harus memiliki kapasitas intelektual dan skill kepemimpinan, kewirausahaan dan kepeloporan yang mumpuni serta Pemuda harus memiliki inovasi agar mampu berperan aktif dalam kancah internasional. Tema Bersatu Kita Maju sesungguhnya diperuntukan untuk seluruh elemen bangsa tetapi bagi Pemuda menjadi keharusan karena di tangan Pemuda lah Indonesia bisa lebih maju. Pemuda untuk Indonesia maju adalah Pemuda yang memiliki karakter, kapasitas, kemampuan inovasi, kreativitas yang tinggi, mandiri, inspiratif serta mampu bertahan dan unggul dalam menghadapi persaingan dunia.
Pada saat ini di belahan dunia telah lahir generasi muda yang memiliki pola pikir yang serba cepat, serba instan, lintas batas, cenderung individualistik dan gramatik. Canggihnya ilmu pengetahuan dan teknologi serta mudahnya akses terhadap sosial media telah menjelma menjadi tempat favorit berkumpulnya anak-anak muda lintas negara, lintas budaya, lintas agama dan interaksi mereka di sosial media berjalan real time 24 jam.
Disinilah diharapkan peran Pemuda dapat bersaing dalam bentuk apapun tentunya dalam hal yang posistif, Pemuda adalah masa depan bangsa dan negara, pemuda juga harapan bagi dunia, pemuda Indonesia harus maju dan berani menaklukan dunia sehingga kami berharap kedepan akan banyak muncul tokoh-tokoh muda yang mendunia. Gerakan revolusi mental menemukan relevansinya dengan pembangunan karakter kita bisa kuat, tangguh dan kokoh ikut serta dalam percaturan Pemuda di dunia, kita tidak lagi harus bertahan dan menghadapi dampak negatif dari modernisasi dan globalisasi, tapi kita harus mampu memberikan warna untuk mengubah dunia dengan tekad dan semangat dan tentunya didukung oleh ilmu pengetahuan dan teknologi.
Kemajuan tidak akan pernah tercapai dalam arti yang sesungguhnya kalau masa depan itu hanya dipandang sekedar sebagai proses lanjut dari masa kini yang akan tiba dengan sendirinya, tapi bagaimana generasi muda merespon kemajuan itu dengan kearifan menghargai keluhuran perjuangan dari generasi sebelumnya tanpa terjebak dalam kejayaan dan romantisme masa lalu serta kenyataan-kenyataan masa kini sehingga membuat mereka tidak lagi sanggup keluar untuk menatap masa depan. Kalau Pemuda generasi terdahulu mampu keluar dari jebakan sikap-sikap primordial suku, agama, ras dan kultur menuju persatuan dan kesatuan bangsa, maka tugas Pemuda saat ini adalah harus sanggup membuka pandangan ke luar batas-batas tembok kekinian dunia demi menyongsong masa depan dunia yang lebih baik. Wahai Pemuda Indonesia, dunia menunggumu, berjuanglah, lahirkanlah ide-ide, tekad dan cita-cita, pengorbanan dan perjuanganmu tidak akan pernah sia-sia dalam mengubah dunia.
Semangat para Pemuda dalam menatap dan ikut membangun dunia harus terus menjadi obor penyemangat bagi pengabdian Pemuda Indonesia dalam ikut serta berpartisipasi mengangkat bangsa dan tanah air tercinta di kancah dunia.
Kami ucapkan selamat Hari Sumpah Pemuda Ke-91 Tahun 2019 semoga melalui peringatan ini kita selalu menghormati jasa para Pemuda, jasa para pendiri bangsa dan jasa para Pahlawan kita, semoga Allah SWT-Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa melimpahkan rahmat dan ridho-Nya kepada kita semua.
l. Pukul 10.10 WIT menyanyikan lagu Bangun Pemuda Pemudi.
m. Pukul 10.12 WIT pembacaan doa oleh Rohaniawan.
n. Pukul 10.15 WIT laporan Pemimpin Upacara oleh David Z. Aragay S.TP (Kepala Distrik Arso Timur) kepada Pembina Upacara bahwa Upacara selesai.
o. Pukul 10.17 WIT penghormatan umum kepada Pembina Upacara yang dipimpin oleh David Z. Aragay S.TP (Kepala Distrik Arso Timur) selaku Pemimpin Upacara.
p. Pukul 10.18 WIT Muh. Markum, SH, MH, MM (Bupati Keerom) selaku Pembina Upacara meninggalkan Lapangan Upacara.
q. Pukul 10.25 WIT Upacara selesai.
r. Pukul 10.30 WIT penampilan tarian Kreasi Papua oleh Putra-Putri Kabupaten Keerom.
s. Pukul 10.45 WIT pembacaan Deklarasi Pemuda dan Pemudi Kabupaten Keerom yang dibacakan oleh Albertho G. Wanimbo (Ketua DPD KNPI Provinsi Papua), yang intinya :
1) Kami Pemuda Pemudi senantiasa menjadi agen perubahan.
2) Kami Pemuda Pemudi selalu bersemangat dan terdepan sebagai pelopor perubahan.
3) Kami Pemuda Pemudi menolak keras Berita Hoax, Ujaran Kebencian, Rasisme dan Radikalisme.
t. Pukul 11.50 WIT pembentangan Bendera Merah Putih ukuran panjang 2.091 Meter dan lebar 150 Cm dari Route Start dari Lapangan Sepak Bola Swakarsa - Jln. Bhayangkara - depan SMA N 1 Arso - Finish Lapangan Sepak Bola Swakarsa.
u. Pukul 12.00 WIT kegiatan selesai berjalan dengan aman dan tertib.

Author: Bayu K. Parapat Last Updated: Tuesday, 05 November 2019 19:06 Hits: 16

Kabupaten Keerom ©2017 | All rights reserved.