Sep 24

Program SKPD Harus Disesuaikan Dengan Visi dan Misi Bupati dan Wakil Bupati

Duet Bupati dan Wakil Bupati Keerom yang baru, Drs. Celcius Watae, MH – Muh. Markum, SH, MH, memiliki visi dan misi yang bakal diterapkan dalam pemerintahannya yaitu ‘’Terwujudnya jatidiri masyarakat Keerom yang mandiri dan bersahaja dalam beranda terdepan NKRI.’’ Bersahaja ini pun mengandung makna bersatu, berkarya handal dan sejahtera.

Karenanya, Wakil Bupati Keerom, Muh. Markum menegaskan agar SKPD-SKPD yang notabene sebagai kepanjangan tangan Bup/Wabup agar bisa menjalankan program kerjanya sesuai dengan visi dan misi tersebut.

 ‘’Saya minta SKPD bersama-sama harus berpedoman pada visi dan misi tersebut. SKPD tidak boleh menjalankan program yang tidak sesuai visi dan misi tersebut. Demikian pula menyangkut anggaran, tentunya juga harus menyesuaikan program tersebut, dan TAPD juga akan menyesuaikan anggaran  sesuai visi, kita akan koordinasi dengan DPRD, mereka sudah nyatakan siap bantu kita untuk menyukseskan program sesuai visi dan misi Bupati/Wabup Keerom,’’ungkap Wakil Bupati Keerom, Muh. Markum, SH, MH, menjawab Papua Pos, kemarin (24/2) di Kampung Sanggaria, Arso 1.

 Ia juga meminta agar visi dan misi ini di break down (diturunkan) ke bawah hingga tingkat distrik dan kampung. Apalagi proses Musrembang saat ini tengah berjalan di tingkat distrik, sehingga diharapkan bisa diterjemahkan dan diprogramkan kegiatan-kegiatan sesuai visi dan misi tersebut.

 Untuk itu, Wabup berharap SKPD kreatif dalam melaksanakan visi dan misi tersebut. ‘’Untuk melaksanakan visi-misi tersebut, sumber dana di pusat sangat banyak. Saya harap SKPD bisa meraih dana-dana tersebut. Contohnya di kementerian PDT (percepatan pembangunan di daerah tertinggal) disana ada 17 direktur, jadi semua kebutuhan daerah bisa diakomodir, bahkan sampai masalah garam juga bisa. Maka SKPD harus jeli melihat ini. Kalau perlu saya siap untuk temani meraih itu,’’lanjutnya.

 Ia juga berharap kebijakan Otsus di Papua yang 80 persen di daerah Kab/Kota dan 20 persen di provinsi, bisa dimaksimalkan untuk masyarakat adat di Keerom. ‘’Kita mendapat penekanan dari gubernur soal ini, jangan sampai salah sasaran seperti tahun sebelumnya, saya akan kawal ini terus,’’pesannya.

 Selain visi tersebut, misi yang dibawa Duet Watae – Markum adalah 1. Meningkatkan kualitas keimanan dan SDM dalam keberagaman agama, adat istiadat dan budaya. 2. Meningkatkan kualitas tata kelola pemerintahan yang bersih berwibawa dan bermartabat. 3. Menguatkan perekonomian daerah berbasis potensi lokal dan berdaya saing. 4. Meningkatkan pembangunan infrastruktur daerah yang berkelanjutan dan pengelolaan SDA yang ramah lingkungan. 5. Meningkatkan pengelolaan kawasan perbatasan yang terintegrasi dalam bingkai NKRI.

 ‘’Penjabaran visi dan misi kabupaten akan kita ‘mix and match’ dengan visi dan misi gubernur yaitu bangkit mandiri dan sejahtera serta pemerintah RI yaitu kerja, kerja dan kerja serta Nawacita. Ini kita akan kawal terus agar sesuai. Jadi tak ada lagi SKPD jalankan program sendiri-sendiri, semua harus terkoordinir dan sesuai visi misi tersebut,’’pungkasnya

Author: Super User

Kabupaten Keerom ©2017 | All rights reserved.