Seputar PPID

LATAR BELAKANG
Pemberlakuan Undang–undang Nomor  14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (UU KIP) pada 30 April 2010 merupakan Momentum Penting dalam mendorong Keterbukaan Informasi di Indonesia, khususnya di Kabupaten keerom.
Salah satu tugas Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) adalah menyediakan akses informasi publik bagi pemohon informasi.
LANDASAN HUKUM
1.    Undang-undang  Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik
2.    Perbup Keerom No. 8/2016 tentang Pembentukan Organisasi dan Tata Kerja PPID di lingkungan Pemerintah Kabupaten Keerom
3.    Kepbup Keerom No.82/2016 tentang Penetapan PPID, Tim Pertimbangan Informasi dan Dokumentasi (TPID), Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Pembantu (PPIDP) dan Sekretariat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (SPID) di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Keerom
TUJUAN
1.    Mendorong terwujudnya implementasi Undang– undang Keterbukaan Informasi Publik secara efektif dan hal–hal publik terhadap informasi yang berkualitas dapat terpenuhi
2.    Memberikan standart bagi pejabat PPID dalam melaksanakan Pelayanan Informasi Publik
3.    Meningkatkan Pelayanan Informasi Publik di lingkungungan Organisasi/Lembaga Publik untuk menghasilkan layanan informasi publik yang berkualitas
STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR
1.    Operasional Pelayanan Informasi Publik
Untuk melaksanakan pelayanan informasi perlu didukung oleh :
 - Front Office meliputi: Desk Layanan Langsung & Desk Layanan  melalui Media
 - Back Office meliputi: bidang pelayanan dan dokumentasi informasi, bidang pengolahan data dan klasifikasi informasi dan bidang penyelesaian sengketa informasi
2.    Desk Informasi Publik
Untuk memenuhi dan melayani permintaan dan kebutuhan pemohon informasi publik, Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) melalui Desk Layanan Informasi Publik melakukan layanan langsung dan layanan melalui Media antara lain menggunakan telepon, medsos, e-mail dan website

Author: Super User Filed Under:
Profil Kab. Keerom Hits: 1183