Feb 27

Millennial Road Safety Festival 2019

Tema: Milennial Road Safety Festival 2019 Mewujudkan Milennial Cinta Lalu Lintas menuju Indonesia di Kab. Keerom (Lapangan Swakarsa, Asyaman-Arso, 23 Februari 2019)

Bertempat di Lapangan Swakarsa, Kampung Asyaman, Distrik Arso, Kab. Keerom pada Sabtu, 23 Februari 2019 Pukul 08.15 WIT, Bupati Keerom Muh. Markum, SH., MH., MM membuka rangkaian kegiatan Millennial Road Safety Festival 2019 di Kabupaten Keertom, yang diikuti sekitar 1000 peserta.

Turut hadir dalam giat tersebut, antara lain:

- AKBP Muji Windi Harto, S.IK,. S.H (Kapolres Keerom)

- AKBP Fabianus Rani (Kasatpol PP Kab. Keerom)

- Kompol Junnus Pocerattu (Wakapolres Keerom)

- Drs. Blasius Waluyo Sejati, M.M (Sekda Kab. Keerom)

- Sahabuddin S.P (Ketua DPRD Kab. Keerom)

- Para Pimpinan OPD Pemda Kab.Keerom

- Para Kabag, Kasat, Kapolsek Jajaran Polres Keerom

- Anggota dan Siswa Latja Polres Keerom

- Siswa/siswi Tingkat SD, SMP, SMA/SMK Se- Kab. Keerom

Rangkaian kegiatan MRSF 2019, senagai berikut:

a. Pukul 08.17 WIT, Laporan Panitia Pelaksana.

b. Pukul 08.19 WIT, Menyanyikan Lagu Indonesia Raya.

c. Pukul 08.19 WIT, Doa.

d. Pukul 08. 20 WIT, Jalan Santai yang dibuka oleh Bupati Keerom, dengan rute Lapangan Swakarsa, Perempatan Soppeng, kembali melalui jalan belakang dan finis di depan pintu Lapangan Swakarsa.

e. Pukul 09.05 WIT, Rombongan peserta finish di Lapangan Swakarsa.

f. Pukul 09.13 WIT, Senam Bersama, diikuti oleh seluruh peserta dan undangan.

g. Pukul 09.30 WIT, Pencabutan Undian Doorprize (Hiburan).

h. Pukul 09.54 WIT, Sambutan Bupati Keerom Muh. Markum, SH., MH., MM yang intinya:

- Kegiatan hari ini berawal dari berbagai upaya yang diamanatkan Undang-Undang, yakni bagaimana menyelamatkan kaum millennial yang menjadi korban sia-sia dalam kecelakaan lalu lintas, dimana hampir setiap tahun korban kecelakaan meninggal dunia mencapai 30.000 orang yang didominasi kaum millennial di usia 16 s.d. 35 Tahun atau sekitar 65%. Angka kecelakaan ini sangat besar dan dibutuhkan kerjasama semua pihak, baik dari unsur pemerintah dan elemen masyarakat pada umumnya.

- Data kecelakaan di Kabupaten Keerom dari tahun ke tahun terus bertambah, dimana pada tahun 2017 jumlah kecelakaan sebanyak 89 kasus (9 meninggal dunia, 33 luka berat, dan 132 luka ringan), sedangkan di tahun 2018 sebanyak 91 kasus (12 meninggal dunia, 14 luka berat, dan 124 luka ringan), atau naik sekitar 1,7%.

- Adanya gerakan kampanye keselamatan bagi Generasi Millennial ini, kita harapkan dapat menurunkan angka korban meninggal dunia akibat kecelakaan lalu lintas, khususnya di Kabupaten Keerom yang merupkan daerah pinggiran di Provinsi Papua, dan ke depan kita jadikan daerah ini sebagai daerah yang patuh hukum serta menjadi contoh Pelopor Keselamatan Berlalu-lintas menuju Zero Accident (tidak ada lagi kecelakaan).

- Kedepan ada agenda nasional yaitu pemilihan presiden dan legislatif, mari kita saling menghormati dan hindari pecah bela di antara kita sebagai umat beragama dan bermartabat, demi tercapainya Kab. Keerom yang aman dan tertib.

- Saya ucapkan terima kasih kepada panitia dan peserta, atas terselenggaranya acara millennial ini dengan baik, tertib dan penuh antusias, kegiatan ini agar di pahami sebagai: menanamkan kesadaran tertib berlalu lintas yang dimulai dari diri pribadi (safety kendaraannya), patuhi rambu-rambu keselamatan di jalan, hindari ugal-ugalan dan penggunaan handphone saat berkendara, hindari pergaulan bebas dengan penggunaan obat-obat terlarang, serta mari kita wujudkan daerah kita yang Cinta Lalu Lintas menuju Indonesia Gemilang.

i. Pukul 10.03 WIT, Menyanyikan lagu Milennial Versi Papua.

j. Pukul 10.07 WIT, Pencabutan Undian Doorprice (Utama), berupa sepeda dan kulkas.

k. Pukul 10.15 WIT, Pelepasan Balon Millennial.

l. Pukul 10.54 WIT, Atraksi Frystail Motor, Kuda Lumping dan Tarian Kolaborasi.

m. Pukul 12.00 WIT, Atraksi Pencak Silat.

o. Pukul 12.30 WIT, Selesai, Bupati Keerom beserta rombongan meninggalkan Lapangan Swakarsa.

Catatan :

1. Pelaksanaan Millennial Road Safety Festival dilaksanakan secara serentak di 34 Provinsi se-Indonesia yang merupakan bagian dari Agenda Nasional dengan mengedepankan Instansi POLRI pada bidang Satuan Lalu Lintas dan Pemerintah Daerah Dinas Perhubungan.

2. Melihat dari "Angka Kecelakaan" yang sering terjadi pada umumnya rata-rata Korban Laka Lantas berumur kisaran 15 s/d 35 tahun yang disebut sebagai Millennial, sehingga Program Pemerintah melalui Institusi POLRI wajib melaksanakan Kegiatan Milennial Road Safety di seluruh POLDA dan jajaran di setiap daerah.

3. Diharapkan dengan telah dilaksanakannya kegiatan Millennial Road Safety agar para pemuda millennial dapat mamahami tata cara berkendara yang benar demi keselamatan diri dan orang lain, sehingga dapat menekan angka kecelakaan berlalu-lintas, dan secara otomatis menjadi nilai positif bagi institusi POLRI demi mewujudkan kepercayaan masyarakat. Reporter MC Keerom (Irianto/Very).

 

Author: Ir_Keerom Last Updated: Thursday, 28 February 2019 18:59 Hits: 186

Kabupaten Keerom ©2017 | All rights reserved.