Mar 14

Forum Sosialisasi Generasi Muda Anti Narkoba

Forum Sosialisasi Generasi Muda, Dalam Rangka Pencegahan dan Penyalahgunaan Narkoba. (Aula Bupati Keerom, 20 Februari 2019).

Forum sosialisasi generasi muda ini terselenggara atas kerjasama Direktorat Informasi Komunikasi, Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Ditjen Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika Bekerjasama dengan Pemda Kabupaten Keerom

Maksud dan Tujuan Forum Sosialisasi Generasi Muda:

1. Sebagai penguatan pemberdayaan wawasan pemuda melalui Gerakan Pemuda Anti Narkoba;

2. Sebagai upaya pencegahan bahaya Narkoba melalui Gerakan Pemuda Berptestasi;

3. Untuk mengembangkan program Informasi, Advokasi, Edukasi dan Komunikasi untuk meningkatkan e-Literasi, khususnya Content Creative dan Positif di dedia sosial tanpa bahaya Narkoba.

Bupati Keerom dalam sambutannya, yang dibacakan oleh Sekretaris Daerah Keerom Drs. Blasius Waluyo Sejati, MM menyebutkan bahwa: Kabupaten Keerom adalah salah satu kota di Indonesia, dimana sebagian wilayahnya berbatasan langsung dengan negara tetangga Papua New Guinea (PNG). tentunya, hal ini menjadi kewaspadaan kita semua, karena kita tahu bersama bahwa perbatasan akan menjadi pintu masuk pengedaran narkoba dari luar negeri ke wilayah kita.

"Pemerintah Kabupaten Keerom memiliki komitmen yang kuat terhadap upaya memerangi Narkoba. Kita terus mengupayakan pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan Narkoba di wilayah Kabupaten Keerom. Oleh karena itu, Saya mangajak seluruh komponen masyarakat di Kabupaten Keerom untuk bekerja sama lebih keras lagi dalam memberantas bahaya Narkoba sampai tuntas. Saya harapkan anak-anak muda dan pelajar yang hadir pada sosialisasi ini, baik secara pribadi maupun organisasinya, bisa lebih memahami akan bahaya Narkoba, dan selanjutnya bisa membagikan ilmu yang didapat hari ini kepada teman-teman dan lingkungannya, pintanya".

Lebih lanjut Beliau tekankan: "sebagai pemuda, mahasiswa dan pelajar, hendaknya memanfaatkan media sosial dan teknologi informasi untuk meningkatkan kompetensi dan prestasi belajarnya. Jadilah yang terbaik di sekolah atau organisasinya, serta menjadi kebanggaan orangtua dan bangsa karena prestasinya, bukan sebaliknya menjadi trend di media sosial atau masyarakat karena sebagai pelaku kriminal".

Sementara itu, Kepala Dinas KOMINFO Keerom Megiken Bangun, SE., MM selaku Ketua Panitia dalam laporannya, menyatakan bahwa: "Permasalahan sosial yang melibatkan atau dilakukan oleh pemuda, seperti begal, tawuran dan kriminalitas lainnya, penyalahgunaan narkotika dan obat terlarang lainnya (Narkoba), minuman keras, penyebaran HIV/AIDS dan penyakit menular serta berbagai perilaku destruktif lainnya akhir-akhir ini cenderung meningkat dan semakin mengkhawatirkan kita semua. Hal ini tentunya, sangat membahayakan keberlangsungan kita dalam berbangsa dan bernegara. Melalui sosialisasi ini, mari kita ikrarkan Anti Narkoba bagi Generasi Muda di Kabupaten Keerom dalam mewujudkan jati diri masyarakat Keerom sebagai beranda terdepan NKRI".

Forum Sosialisasi ini diikuti oleh 100 generasi muda di Kabupaten Keerom, dari unsur: KNPI, Karang Taruna, Gerakan Pramuka Kwarcab Keerom, Anggota RAPI 03 Keerom, serta siswa/siswi SMP, SMA dan SMK.

Sosialisasi diawali dengan Penandatanganan Deklarasi Generasi Muda Keerom Anti Narkoba, oleh seluruh peserta, undangan dan narasumber. Sementara itu, narasumber berasal dari Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Papua untuk topik "Pencegahan Bahaya Narkoba melalui Gerakan Pemuda Berprerstasi" dan APTIKOM Provinsi Papua untuk topik "Kontent Kreatif dan Positif di Medsos Tanpa Bahaya Narkoba". Reporter MC Keerom (Irianto).


 

Author: Ir_Keerom Last Updated: Thursday, 28 February 2019 20:38 Hits: 508

Kabupaten Keerom ©2017 | All rights reserved.