Pengamanan Sejak 1 Desember, Pilkam Serentak 2021 Hingga Natal dan Tahun Baru

  • Selasa, 07 Desember 2021 - 18:50:51 WIB
  • Administrator
Pengamanan Sejak 1 Desember, Pilkam Serentak 2021 Hingga Natal dan Tahun Baru

KEEROM – Kapolres Keerom, AKBP. Christian Aer, SIK, SH, mengemukakan bahwa memasuki Bulan Desember hingga akhir tahun ini, maka pihak keamanan akan meningkatkan kesiapsiagaan guna mengantisipasi agenda-agenda pemerintahan selama bulan Desember Tahun 2021.

‘’Seperti kita ketahui ada banyak agenda pemerintahan selama bulan desember ini, maka sejak akhir November kita telah melakukan langkah-langkah untuk mengantisipasi agenda-agenda tersebut. Kita mulai antisipasi sejak tanggal 1 hingga 31 desember 2021 bahkan hingga januari,’’ujarnya kepada wartawan di ruang kerjanya, Mapolres Keerom, belum lama ini.

Seperti diketahui pada tanggal 1 desember adalah hari AIDS se-Dunia, pemkab Keerom akan menggelar jalan santai, dll. Selanjutnya tanggal 2 desember adalah pelaksanaan Pemilihan Kepala Kampung (Pilkam) Serentak se-Kabupaten Keerom, juga berlanjut hingga perayaan Natal 25 desember dan pergantian tahun 31 desember.

Disebutkan, bahwa langkah antisipasi yang dilakukan pihaknya berkoordinasi dengan aparat keamanan terkait. Seperti pihak TNI dan Satpol PP Pemkab Keerom.

‘’Dengan pihak-pihak tersebut, kita melakukan apel kesiapsiagaan untuk menjaga suasana kamtibmas di Keerom dan sekitarnya tetap kondusif. Selain apel, kami bersama pihak-pihak melakukan patrol bersama, termasuk di Polsek jajaran seperti di Polsek Senggi, Skanto, Waris, Web, Arso timur dan lainnya melakukan hal serupa,’’lanjutnya.

Selain itu, pihaknya juga akan meningkatkan tindakan preventif dan persuasive. Diantaranya dengan lebih banyak berkomunikasi dan mengunjungi para tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama, tokoh pemuda dan pemangku kepentingan lainnya.

‘’Saya minta jajaran untuk secara rutin mengunjungi para tokoh-tokoh tersebut, meningkatkan kualitas komunikasi. Kita ajak mereka untuk bekerjasama melakukan langkah untuk menjaga situasi kamtibmas tetap kondusif. Karena untuk menjaga situasi kondusif ini tak mungkin Polri kerja sendiri, kita butuh semua pihak untuk bersama menjaga suasana kondusif tetap terjaga di Keerom,’’lanjutnya.

Ia juga meminta kepada masyarakat jika ada permasalahan hendaknya diselesaikan dengan baik. Bilamana kesulitan maka bisa meminta bantuan Polri. ‘’Kami siap untuk membantu, tak perlu ambil langkah lain yang akibatnya bisa saling membalas sehingga suasana tak kondusif,’’pesannya.

Sementara menyangkut rencana agenda pemilihan kepala kampung serentak se-Kabupaten Keerom tanggal 2 Desember, pihaknyaa juga menyatakan kesiapan untuk melakukan pengamanan agenda tersebut.

‘’Bahkan pengamanan Pilkampung serentak ini telah kami lakukan sejak proses persiapan, pendaftaran Balon, pengundian nomor urut hingga pemilihan tanggal 2 desember nanti, kami tetap siap,’’ujarnya.

Dalam upaya pengamanan pihaknya menerjunkan personil 300 orang yang merupakan gabungan dari jajaran Polres Keerom dan TNI diantaranya Koramil dan BKO Kodim Persiapan Keerom.

‘’Memang agenda ini cukup padat, namun kami akan tetap memenuhi tanggungjawab kami dengan melakukan pengamanan dengan personil yang ada mulai dari yang ada di kampung yaitu Bhabinkamtibmas dan Babinsa, juga Satpol PP sehingga anggota Polri lain, baik pengamanan tertutup maupun terbuka,’’tambahnya.

Selain itu ia juga mengimbau kepada kandidat kepala kampung untuk menjaga pendukungnya masing-masing agar berbesar hati dan menerima proses demokrasi dengan baik apapun hasilnya nanti.

‘’Apabila ada sesuatu jangan sampai mengambil tindakan melawan hukum apalagi sampai anarkhis,’’pesannya. (ariefnugroho/verrycrisbiantoro/lintaspapua.com)

  • Selasa, 07 Desember 2021 - 18:50:51 WIB
  • Administrator

Berita Terkait Lainnya

Tidak ada artikel terkait