Ketua PKK Keerom, Angela TH Frank Gusbager Pastikan Akan Gelar Pelatihan Industri Hilir Produk Pertanian, Siap Libatkan Mama – Mama Papua

  • Senin, 13 September 2021 - 11:12:19 WIB
  • Very Krisbiantoro
Ketua PKK Keerom, Angela TH Frank Gusbager Pastikan Akan Gelar Pelatihan Industri Hilir Produk Pertanian, Siap Libatkan Mama – Mama Papua

KEEROM  Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Keerom, Ny. Angela TH Frank Gusbager, ST, mengemukakan bahwa TP-PKK Keerom sebagai mitra pemerintah siap untuk mendukung Pemkab Keerom dalam menyukseskan program-program yang telah dicanangkan Bupati Keerom.

Ia mengemukakan hal ini saat menghadiri kegiatan panen raya bawang merah oleh Poktan Arpat Jaya dan juga penyerahan bantuan mobil angkutan hasil tani yang diserahkan oleh Bupati Keerom, Piter Gusbager, SHut, MUP, kepada Poktan Arpat Jaya di Kampung Arsopura, Distrik Skanto, Kabupaten Keerom, Sabtu (11/9/21).

‘’TP-PKK Keerom sebagai mitra pemerintah siap untuk mendukung Pemkab Keerom dalam menyukseskan program-programnya, seperti yang dilakukan hari ini, panen bawang merah, ternyata ada peluang bagi ibu-ibu PKK untuk berkreasi dan berkarya di industry hilir produk pertanian, yaitu bawang merah ini bisa kita jadikan produk bawang goreng yang ternyata seperti pak manajer Saga tadi sampaikan bahwa Saga sampai saat ini masih mendatangkan bawang goreng dari luar Papua sampai beberapa container, ini adalah tantangan sekaligus peluang untuk ibu-ibu di Keerom,’’ujarnya di acara tersebut.

Ia menambahkan bahwa peluang tersebut adalah angin segar untuk Keerom bukan hanya untuk komoditi bawang goreng namun juga untuk komoditi-komoditi pertanian dan perkebunan lain yang ada di Keerom.

‘’Ibu-ibu di keluarga-keluarga di Keerom tentunya siap untuk mengikuti pelatihan untuk membuat bawang goreng, atau pelatihan lainnya, seperti kripik buah, dll. Ini tentu tujuannya adalah untuk mensejahterakan keluarga-keluarga, yang pada gilirannya seperti kata bupati, keluarga sejahtera, selanjutnya kampung sejahtera, distrik dan akhirnya Kabupaten sejahtera,’’ujarnya.

Ia pun menyebutkan bahwa TP-PKK Keerom untuk membuat pelatihan tersebut akan bekerjasama dengan SKPD terkait yaitu Dinas Perindagkop Kabupaten Keerom. ‘’Segera kita buat pelatihan dan tentunya hasilnya pun bisa kita pasarkan di Pasar Aividjan selain disalurkan melalui Saga Group Jayapura,’’lanjutnya.

Ia juga mengingatkan semua pihak untuk mendukung Pemkab Keerom dalam mengaktifkan pasar Aividjan agar pasar tersebut hidup dan berkembang menjadi sentra pertumbuhan ekonomi baru di Kabupaten Keerom.

Sementara itu, pada kesempatan sebelumnya, GM Saga Group Jayapura, Haris Manuputty, mengemukakan dengan kekuatan outlet yang ada dan terus berkembang, Saga group sangat membutuhkan banyak sekali produk pertanian baik buah atau sayur segar maupun olahan jadi.

‘’Sampai saat ini kita masih mendatangkan beberapa produk dari luar yang seharusnya bisa dilakukan Keerom seperti telur ayam kampung, bawang goreng, aneka buah dan sayur serta kalau lebaran itu juga kurang bawang merah, bawang putih, dan cabe. Tentunya kita harap dengan kerjasama ini, Saga tidak perlu mendatangkan lagi dari luar, cukup dari Keerom kalau bisa terpenuhi,’’ujarnya.

Saat berkunjung dan menyaksikan langsung panen bawang merah, ia pun menilai bahwa Keerom memiliki lahan yang potensial. ‘’Kita tahu saat ini pembangunan Jayapura semakin berkembang, kebutuhan perumahan juga meningkat, lahan pertanian di Kota sudah banyak menjadi rumah, tentunya untuk pertanian orang sekarang melihat Keerom, maka ini peluang untuk Keerom, kami dari Saga menyampaikan terimakasih kepada Bupati Keerom yang mengajak Saga untuk bekerjasama, kami siap untuk mendukung Keerom,’’pungkasnya. (ariefnugroho/verrycrisbiantoro/lintaspapua.com)

  • Senin, 13 September 2021 - 11:12:19 WIB
  • Very Krisbiantoro

Berita Terkait Lainnya